motor matic suzuki nex

6 suzuki-nex-

SUZUKI MOTOR NEX

Sebagai motor matic besutan Suzuki, Nex rupanya tak sekadar turut berebut pasar matic yang tengah booming di Nusantara. Motor yang dirilis akhir 2011 lalu, rupanya juga menghadirkan keunggulan yang tak dimiliki matic-matic lainnya.

Pertama, Nex unggul dalam penghematan bahan bakar. Dibanding matic sekelasnya—Beat dan Mio misalnya—Nex masih jauh lebih irit karena mampu menempuh jarak 79,6 km hanya dengan seliter BBM. Beat sendiri hanya punya daya tempuh 45 km/liter dan Mio 40 km/liter. “Inilah keunggulan pertama kami. Sebab, pembeli di Indonesia masih menempatkan hemat BBM sebagai pilihan utama,” kata Sudarmaji, General Manager PT Indosolo Motor Gemilang beberapa waktu lalu.

Kedua, Nex unggul dari sisi harga. Jika dibandingkan matic sekelasnya, Nex selalu menempati urutan paling terjangkau untuk masyarakat Indonesia lantaran hanya dibanderol kisaran Rp12,4 juta/ unit. “Perpaduan antara irit BBM dengan harga murah inilah yang sangat melegakan kami. Bahkan kami optimistis, Nex bakal merebut pangsa pasar,” lanjut Sudarmaji.

Ketiga, Nex unggul dari sisi kemudahan saat dikendarai. Dengan bodi yang ramping dan ringan, Nex membuktikan diri sebagai motor paling mudah dikendarai oleh semua kalangan. Dari segi bobot, Nex lebih ringan dari kedua pesaing utamanya. Nex memiliki berat 87 kg, sedangkan Mio dan Beat, 89 dan 92 kg.

Keempat, Nex unggul dari sisi kekuatan tenaganya. Dengan mengusung mesin 1-silinder berkapasitas 110 cc, Nex rupanya mampu menghasilkan lontaran tenaga 9,3 hp pada 9.000 rpm dan torsi 8,7 Nm pada 6.500 rpm. Bandingan dengan Mio dan Beat, yang masing-masing hanya 8,3 hp dan 8,2 hp.

Kelima, Nex unggul dari sisi desain yang futuristik serta pilihan warnanya yang menawan. Ada 6 pilihan warna yang keren disediakan untuk gaya yang berbeda, yaitu hijau, putih, pink, merah, hitam dan biru. Selain itu, juga disediakan 2 jenis striping keren. Velg Nex yang casting wheel juga menjadi daya tarik tersendiri. Velg Nex mempunyai rongga di tengahnya untuk mengurangi bobotnya dan memudahkannya saat bermanuver.

Keenam, Nex unggul dari mesinnya. Sebab, Nex telah memakai bantuan sistem Computer Aided Engineering (CAE) yang berfungsi untuk mengurangi hambatan mekanis dan gesekan secara keseluruhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s